Minggu, 06 Februari 2011

10 Langkah Memperlambat Proses Penuaan


Dapatkah kita benar-benar memperlambat proses penuaan kita?Beberapa orang yang sudah berusia enam puluhan mereka masih terlihat seolah-olah mereka berada di usia empat puluhan, atau beberapa dari mereka yang berada dalam usia lima puluhan terlihat seolah-olah mereka berada di usia tiga puluhan. Apa rahasia mereka? Berikut adalah sepuluh cara yang direkomendasikan untuk memperlambat penuaan.
(1) Tambahkan lebih banyak zat antipenuaan untuk diet Anda.
Ada sekelompok zat yang dikenal sebagai "antioksidan" yang sangat membantu anda untuk tetap muda. Mereka menetralisir apa yang para ilmuwan sebut "radikal bebas". Radikal bebas memicu reaksi berantai yang dapat membunuh sel, air mata lubang di selaput sel, DNA bermutasi yang merupakan dalang dari aktivitas sel. Satu teori, yang dirumuskan oleh Denham Harman, PhD, ahli biokimia di University of Nebraska College of Medicine, berpendapat bahwa kerusakan oleh radikal bebas kumulatif bertanggung jawab atas penurunan fungsi yang menyertai penuaan.Dua antioksidan dikenal adalah vitamin A dan C. sumber terbaik vitamin C adalah sumber buah-buahan .Jeruk kaya akan vitamin C. Wortel, labu, bayam dan collard hijau kaya akan vitamin A.
(2) Berjalan cepat setiap hari.
Berjalan cepat selama 20 menit tiga kali dalam seminggu. Jalan cepat akan menguatkan tulang di setengah bawah, mencegah osteoporosis. Jalan cepat selama 15 menit biasanya mencapai jarak satu mil bisa menjadi pengganti bagi mereka yang enggan untuk melakukan latihan aerobik tradisional.Aerobik mengurangi risiko penyakit jantung dengan membantu mencegah tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol arteri-pengerasan dalam aliran darah Anda dan mungkin menurunkan pembekuan darah
(3) Ikuti diet lemak-buster
Tujuan kesehatan utama dalam menebang kandungan lemak dalam makanan untuk mencegah penyumbatan arteri dari kolesterol. Makanan berikut telah direkomendasikan oleh ahli gizi sebagai lemak-busters.
a. Sumber: minyak biji bunga matahari, cenderung menurunkan kadar kolesterol darah.
b. Serat larut air, yang mengikat dengan air dan komponen kolesterol di saluran pencernaan, membantu  menghilangkan kolesterol .Sumber terbaik kacang-kacangan dan produk gandum dan buah-buahan dengan pektin seperti jeruk dan apel.
c. Ikan, terutama salmon dan makarel. Mereka mengandung komponen yang dikenal sebagai EPA (asam eicosapentanoic).Ahli gizi menyarankan Anda makan ikan minimal tiga kali seminggu. Jika Anda benar-benar serius untuk menurunkan kolesterol darah anda, makan dalam porsi standar ikan dan serat yang larut dalam air sehari.
(4) Menjaga Body-Mass Index normal.
Indeks massa tubuh adalah ukuran lemak tubuh berdasarkan tinggi dan berat badan yang berlaku bagi laki-laki dewasa dan wanita. BMI normal berkisar 18,5-24,9. Kegemukan berkisar 25-29,9. Di atas 30 dianggap sebagai obesitas. Jika Anda adalah 20 persen dari berat badan ideal Anda, Anda harus menurunkan beberapa kilo berat badan anda. Kelebihan berat badan adalah faktor dalam diabetes pada usia dewasa, penyakit jantung dan kanker payudara.
(5) Membangun kepadatan tulang dan fungsional kekuatan.
Kebanyakan orang dewasa kehilangan satu persen dari massa tulang setiap tahunnya. Ketika Anda kehilangan mineral tulang tulang Anda menjadi lebih ringan, lebih porous, risiko lebih lemah dan lebih besar fraktur. Anda dapat meningkatkan kepadatan tulang dan kekuatan dengan bantuan latihan berat seperti berjalan kaki, bersepeda, berenang atau latihan beban. Ambil juga Vitamin D untuk mengurangi proses penuaan tulang. Ambil 400 IU vitamin D harian atau satu sendok makan minyak ikan cod.
(6) Berhenti Merokok.
Menurut dokter Inggris Douglas Model, (Anggota dari Royal College of Physicians), perokok cenderung memiliki minimal satu dari berikut: merokok menimbulkan kerut dan garis di wajah karena merokok mengurangi aliran darah ke kulit.
(7) Bersihkan gigi Anda.
Setelah 40 tahun, penyebab utama kehilangan gigi adalah penyakit periodontal atau gusi. Biang keladinya adalah: "plak", sebuah film lengket terdiri dari bakteri, air liur, dan sisa-sisa makanan. Bakteri menghasilkan racun yang mengiritasi gusi, membuat mereka surut dan bentuk saku. Jika sistem kekebalan tubuh tidak dapat melawan invasi bakteri, tulang penahan gigi akhirnya mengikis dan gigi rontok.Menyikat setiap setelah makan, dan flossing setiap hari akan mengurangi serangan plak. Gigi harus dibersihkan oleh dokter gigi setidaknya dua kali setahun.
(8) Minum banyak cairan untuk menjaga kulit sehat dan mencuci limbah.
Mempertahankan setidaknya delapan gelas 8 air sehari.
(9) Mengelola Anda stres.
Stres mempercepat proses penuaan. Selamanya selebriti muda seperti Andie MacDowell dan Meryl Streep menyadari bahwa mengelola tingkat stres adalah kunci untuk terlihat lebih muda lebih lama.Ketika kita menderita stres tubuh kita kita kehilangan keseimbangan alam yang menyebabkan kerusakan pada sekresi hormon, perbaikan sel, dan produksi kolagen. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa lebih mengkhawatirkan saat tubuh terkena stress dalam jangka waktu yang panjang dapat mempercepat penuaan otak.
(10) Berlatih Santai
Praktek santai untuk menurunkan tingkat stres dalam tubuh Anda. Mendengarkan musik yang baik atau menonton pertunjukan, televisi bagus sehat akan banyak membantu.
Sumber: 10 Cara Untuk Slow Down Aging oleh Nancy Stedman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar