Kamis, 28 April 2011

Bayi Kelelahan dan Kedinginan

Bunda pasti pernah dihadapkan pada kondisi  si kecil yang rewel tanpa kita sadari penyebabnya. Bisa jadi si kecil rewel karena kelelahan atau bahkan merasa kedinginan. Mari kita perhatikan bagaimana ciri-ciri dari 2 kondisi tersebut.

  • Bayi yang merasa KELELAHAN 
Pada umumnya hal ini terjadi bila bayi kurang tidur, terlalu sering digendong atau terlalu lama bermain. Pada umumnya bayi yang merasa kelelahan akan tertidur dengan sendirinya, namun ciri-cirinya dapat terlihat secara keseluruhan, diantaranya :
  1. Bayi rewel. Apabila ibu telah menyusui dan menggendongnya, bayi tetap rewel bisa jadi dia kelelahan. Cobalah ciptakan suasana yang nyaman sehingga dia bisa tertidur dengan pulas.
  2. Tatapan matanya sayu dan tidak bergairah. Hal terpenting yang patut diperhatikan yaitu apabila bayi terlalu sering merasa kelelahan, dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga bayi jadi mudah sakit.
  • Bayi yang merasa KEDINGINAN
Biasanya bayi yang sering merasa kedinginan sering menghinggapi bayi yang baru lahir/Neonatus, ciri-cirinya diantaranya:
  1. Anak menggigil, walaupun biasanya tanda seperti ini tak mudah terlihat pada bayi yang masih sangat kecil.
  2. Kulit bayi terlihat belang-belang, merah campur putih atau bahkan timbul bercak-bercak.
  3. Pada kondisi yang parah, bayi akan tampak biru terlihat pada bibir dan ujung jarinya. Jika hal ini dibiarkan, anak bisa berhenti bernafas.

Semoga sedikit informasi ini dapat berguna bagi sahabat Klinik Cinta Ananda dimanapun Anda berada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar